Mobil ga bisa Starter Disini solusinya

Mobil tidak mau starter ???

jangan ke bengkel sebelum baca artikel ini……………………….

Gambar di copy dari http://www.dansmc.com/motoguzzi_starter1.jpg

Bagian starter yang penting antara lain :

1. Switch Starter (solenoid switch)
3. Bendix starter 5. Arang Starter (Carbon Brush)

Apa yang harus anda lakukan ?

yang harus anda lakukan adalah mempelajari
gejala2 yang timbul saat starter tidak mau bekerja, dari gejala2 tersebut dapat
di tebak kemungkinan sumber kerusakan.

Gejala2 gejala yang sering muncul pada saat
kita start antara lain :

  1. Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard
    tidak menyala sama sekali. 75% fusiblelink (kabel lemas kecil dengan soket
    putih dekat dengan terminal aki +) kotor atau putus. kemungkinan lain adalah
    kepala aki kotor dan atau aki anda terkuras total setrumnya (jarang sekali).
  2. Lampu indikator battery dan oli pada
    dashboard (warna merah) nyala namun meredup ketika di starter, 90% aki anda rusak atau
    kurang setrum.
  3. Tedengar suara “gemeretek “
    berulang ulang 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki kotor
    atau kabel ground anda sudah korosi.
  4. Terdengar suara mesin berputar tetapi
    lemah seperti “ngeek..ngek…ngek….”. 75% bushing starter aus
    sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka
    perputarannya menjadi sangat berat. 10% ada kemungkinan mesin anda
    terlalu berat untuk diputar, misalnya terjadi kerusakan pada crank saft,
    sistem timing dll.
  5. Terdengar suara “cek..” satu
    kali saja setiap kali memutar kunci kontak…50% switch starter atau yang
    disebut solenoid switch
    (pada
    gambar no.6)
    sudah tidak berfungsi dengan baik. 40% kunci kontak
    anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang menggunakan relay starter 40%
    itu ada pada kerusakan relay.
  6. Starter terkadang dimulai dengan suara
    berat lalu enteng dan mesin hidup. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan
    penyetelan Fur dan Na..delco.
  7. Pagi hari tidak dapat starter, pada
    siang hari starter lancar. 80% aki sudah soak tidak dapat menyimpan setrum
    untuk waktu yang lama.
  8. Saat pagi mudah starter, jika sudah
    dipakai agak lama (panas) susah starter. 80% switch starter / solenoid switch
    (pada gambar no.6)
    anda rusak.
  9. Saat distarter tidak ada reaksi sama
    sekali, tidak ada bunyi. 50% gulungan starter anda Hangus atau terbakar /korslet.
    45% Relay starter atau kunci kontak anda bermasalah.
  10. Saat distarter terdengar suara dinamo
    starter mutar mendesing kencang “ssing…” 80% bendix starter
    (no 25 pada gambar)
    anda
    Dull/dol.
  11. Terkadang bisa starter terkadang tidak,
    baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam. 75% Carbon Brush
    starter anda sudah pendek.

Setelah mempelajari gejala2 yang timbul,
agar lebih detail mengetahui penyakit mobil anda, yang harus dilakukan adalah :

  1. Lakukan pengecekan Voltase battery
    anda, Battery yang bagus biasanya voltasenya tidak dibawah 12.4V, jika
    dibawah itu mungkin bisa saja starter namun tidak untuk starter panjang dan
    berulang ulang.
  2. Jika analisa dari gejala gejala yang
    timbul diatas menjadikan starter sebagai tersangka utama maka lakukan
    pengetesan starter secara langsung. Dengan cara menggabungkan sumber setrum
    pada switch starter
    (pada gambar
    no.8)
    biasanya baut 12 dengan
    kabel tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak

    (no. 9 pada gambar)
    yang terletak
    di switch starter juga (disamping kiri yang terdapat satu kabel terpasang
    padanya. Cabut kabel tersebut maka akan terlihat sebuah terminal kecil). “SEBELUM
    MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL”
    Gabungkan
    no 8 dan no 9 dengan kabel atau obeng logam. Pada kondisi normal maka
    starter akan memutar mesin. Jika iya berarti kunci kontak anda atau relay
    anda bermasalah. Jika tidak coba lakukan pengetesan no 3.
  3. Jika cara diatas belum dapat
    mempersempit permasalahan lakukan penggabungan terminal no 8 pada gambar
    dengan terminal no 7 pada gambar yaitu berupa dua terminal baut 12 yang
    terdapat pada switch starter. Pada kondisi normal seharusnya Starter akan
    memutar dengan kencang tanpa memutar mesin. (karena gigi bendix tidak
    didorong oleh switch starter jadi tidak memutar flw wheel). jika tidak maka
    permasalahan kemungkinan besar terdapat pada dinamo starter anda, bisa
    karena gulungan yang terbakar atau brush starter yang habis. bisa pula
    karena kabel penyampai strum anda dari aki ke starter (ke terminal no 8 pada
    gambar ) tidak terhubung secara benar.

Untuk Sementara hanya itu yang bisa saya
jelaskan di sini untuk keterangan lebih lanjut tanyakan montir langganan anda
atau email saya di Ferky01@YAHOO.COM

atau kunjungi website saya di WWW.tangomotor.com

Tags: , , , , ,

29 Responses to “Mobil ga bisa Starter Disini solusinya”

  1. Raymond Says:

    sangat bermanfaat… terima kasih :)

  2. miguel Says:

    Thanks Ferky!
    Kayaknya mobil saya mengalami kondisi no. 5 atau no. 11. Karena saya awam sekali soal mesin, mungkin hasil diagnosa Anda yang bisa saya jadikan preferensi dibawa ke bengkel.

  3. Ismawan Says:

    gk bs dstarter tp lampu indikator nyala,,,gmana ya mas solusinya (panther ’91)..Thanks b4

  4. ade Says:

    mas Ferky, mobil ku kalo dingin susah sekali hidupnya, lalu kalo sudah hidup (panas) dimatikan kemudian distarter lagi gampang. tapi kalo sy matikan dan sy tunggu satu jam kemudian susah distarter lagi. Kira-kira apanya yah mas. . . . Makasih

  5. roelly Says:

    It’s nice artickles – I like it – Anything else
    God bless U !

  6. amos Says:

    mil sy kjang k5, setelah lampu diganti halogen 90/ 110 w, mesin tekor tak mau stater. apa yg harus dilakukan. trims juga kalau alamat e mail dijawab

  7. Dmitri Kustinov Says:

    o ya, gejalanya hampir sama dgn no 1 s/d 3 pada mobil daihatsu feroza megatop g2.. karena alhamdulilla saya tau soal mobil, supaya dapat pengetauan coba cari mell internet

  8. haris Says:

    mas mobil saya avanza 2005 type G 1 minggu yg lalu saya kuras tangkinya krn sy sring isi BBM dipinggir jalan trnyta memang kotor, stleah prsaan agak tenang krn mrsa tanki sdh bersih kmudian saya pakai skitar 3 hari tiba2 mobil sy mati dgn sndirinya, kata tman ganti Pompa minyak stelah ganti ttap g bisa hidup, ganti aki jg ttap tidak mau hidup, ada yg bilang sensornya yg harus diganti krn sdh tdk kuat tp ditmpat sy gak ada dijual barang kayak gtu,,mas ada solusikah kira2 mobil sy kalu distater mau hidup tp kira2 2 dtik mati lagi..tolong dong pncerahannya

  9. Yamin Says:

    Wah… Terimakasih sekali, point nomor 8 sangat cocok denga gejala mobil saya. Artikel ini sangat bermanfaat sekali, sangat membantu meberikan pencerahan untuk maintenance mobil…… Salam kenal dan sukses selalu.

  10. ika fitriyani Says:

    salut…sangat berguna bos…semoga semua pencerahan nya bisa di jadikan amal…terima kasih banyak bos…

  11. Ronald Says:

    Masalah susah start memang rumit dan banyak faktor. Terutama kendaraan diesel kelas truk yang masih menganut sistem 12 volts. Sangat memusingkan. Pengalaman saya susah start karena solenoid switch termakan habis karena terbiasa memakai accu dengan ukuran ampere lebih kecil daripada standar nya.

  12. henry Says:

    referensi yang bagus utk mobil saya.

  13. mds Says:

    informasi yang sangat berguna buat orang awam sehingga bisa menghindari penipuan oleh montir nakal…

    tks. ya mas ats informasinya.

  14. hadi Says:

    thanks !

  15. anggoend Says:

    suwun ya bos,corolla ke20 punyaku penyakitnya sama.tak coba dulu ya…..

  16. alex santos Says:

    thanks gan, sangat brarti bagiku

  17. agus s Says:

    dinamo starter saya di cek dengan cara (3) bagus tapi pas di star bunyi”cek” kadang2 bunyi “seeeng”
    apanya ya??

  18. tri Says:

    kayaknya mobil saya gejala pada no 8 atau no 10 gan

  19. ma'ruf Says:

    iya bos..mobil saya kayanya mirip diagnosa no.4..solusi, panggil bengkel ke rumah krna .lokasi bengkel jauh..masa mau dituntun? hhe

    • muh.raffa Says:

      Saya baru beli dinamo stater mobil carry tapi mutar aja bendiknya tidak mau kena roda gilanya kira2 bgian mananya yg mau diganjal cicin dibagian bendiknya

  20. David Says:

    Thanks info ya banyak membantu

  21. Bagus Says:

    apik….

  22. Iid Says:

    Really useful. Makasih banyaaaak

  23. ridobrown Says:

    mas.. terima kasih.. sangat bermanfaat informasinya.. gini mobil saya mitsubishi eterna th 90, tiap mo di idupan langsung nyala.. tapi tumben beberapa hari ini,,, kadang-kadang aja.. bunyi cek 1 kali.. setelah itu baru bisa stater.. nah yang terakhir,… tadi malam, pas saya jalan, lalu berhenti agak lama, mobil saya matikan.. eh pas saya mo hidupkan tidak bisa.. lampu indikator lambang oli, chek engine pada nyala tapi ga bisa di hidupkan sama sekali. akhirnya di dorong baru hidup.. nah itu apa-nya yah?? hari ini saya belum coba ngidupin mobil.. mungkin tar sore…(senin 22 juli 2013)

  24. adam jordan Says:

    Bozzz ane punya mobill niiihhh carry 10..
    Dan masalahnya mobil ni kalau di dorong bisa hidup tapi kalau di starter tidak bisaa….??? G mna ya. Bozzz solusinya hehee

    Ane tunggu jawabannya yaaa booozzzz….heeheheee

  25. Arif Says:

    mobil saya punyak masalah di nomer 8,pagi greng,dipakek bentar mesin panas susah hidup,di bengkel switx katanya dah dilangsungkan,tp mesin panas masih susah hidup.mohon pencerahanya…terimakasih

  26. muhammad Says:

    Ini baru artikel komplit n lengkap dari suhu,, Terima Kasih artikel bermanfaatnya bang

  27. M Saedi Says:

    terima kasih infonya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah saya ada pada paint 2 makasi

  28. alex djamaluddin Says:

    Mas kalau kunci starter saya ngadat gak bisa di on.sebelumnya saya lupa turunkan kaca jendela.kunci langsung saya cabut.jadi saya tdk bisa starter.mobil saya taruna..mohon penjelasannya atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: